Chocodot, Citarasa Internasional yang Berasal dari Garut

Makanan tradisional Dodol sudah pasti tidak asing di telinga kita. Namun pernahkah anda membayangkan makanan ini diolah dengan balutan cokelat yang menggiurkan? Sensasi rasa ini hanya bisa diatemukan dalam Chocodot.

Ya, Chocodot, cokelat isi dodol. Penganan ini dikreasi oleh Kiki Gumelar, seorang wirausahawan asal Garut, Jawa Barat. Dibawah bendara Tama Cokelat Indonesia, Kiki mengangkat kuliner khas Garut ini ke pasar dunia.

“Mimpi saya adalah agar produk cokelat isi dodol pertama di dunia ini bisa menambah kekayaan kuliner khas Garut sekaligus mengangkat citra kudapan tradisional Garut ini ke konsumen dunia,” ujar Kiki.

Sejak diluncurkan pada 2009 lalu, Kiki tidak hanya menciptakan Chocodot khas dari segi rasa, namun juga dengan kemasan yang menarik. Isi Chocodot dimodifikasi mengikuti selera konsumen tanpa menghilangkan kekahasan rasa dodol didalamnya.

Selain Coklat isi dodol, Kiki juga menciptakan beberapa variasi produk, antara lain Gage Choco Garut Geulis yang berisikan aneka krim buah, Brodol (Brownie Dodol), bahkan produk cokelat yang mengangkat cita rasa rempah khas Jawa Barat seperti cabe dan jahe.

Kiki seakan tidak pernah berhenti berinovasi. Dia terus berkreasi menghasilkan variasi produk, anatara lain Rangicok Euy, ranginan khas Garut yang dicelupkan ke dalam coklat. Ada juga CoffeCoc yang dibuat dari penggabungan cokelat dan biji kopi nusantara.

Produk unik lainnya adalah Coklat Dogar (perpaduan cokelat dengan abon), Kue kering isi dodol dan Zadol Pizza (Pizza dengan taburan dodol). Saat ini produk unggulan Kiki bernama Chokor (Chocolate With Korma) dan Sugarfree Kujang (Milk & Dark Chocolate) sudah dipasarkan ke Riyadh, Saudi Arabia.
Sepak terjang Kiki mendapat dukungan dari pemerintah setempat. Chocodot pun berhasil mengambil hati masyarakat Garut. Kendala yang dihadapi saat ini adalah kurangnya informasi yang bisa diakses konsumen tentang Chocodot. Beruntung Kiki bergabung dalam program Bisnis Lokal Go Online.

“Karena pengetahuan tentang IT saya terbatas, awalnya saya sulit merealisiasikan keinginan go online. Namun setelah dengan bergabung dalam Bisnis Lokal Go Online cita-cita ini terwujud. Apalagi sarana ini mudah, cepat dan gratis. Cukup masuk melalui http://www.bisnisgoonline.co.id, saya bisa memasarkan produk-produk saya tanpa mengeluarkan biaya mahal. Semua pesanan dapat dilakukan tanpa konsumen harus menunggu lama,” tutur Kiki.

Hingga kini, Tama Cokelat Indonesia sudah memiliki enam gerai di Garut, satu gerai di Jakarta dan Bandung.Popularitas Chocodot pun telah menjangkau konsumen di beberapa negara tetangga. Kesuskesasan ini mengantar Kiki mendapat penghargaan The Greatest Innovation Award 2001 dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Sederet penghargaan lain pun sudah pernah disabet Kiki, seperti produk terbaik dalam Pameran Makanan Internasional Tutto Food di Milan, Italia tahun 2011, 4 penghargaan dari Indag Jabar “Food Etnik Jabar 2011 untuk kategori juara 1 Lomba Industri Makanan dan Minuman Berbahan Baku Lokal, kategori “Kreasi Kemasan Produk Makanan dan Minuman Menarik, juara 2 kategori “Inovasi Produk Makanan dan Minuman dan Penggunaan Bahan Baku, Juara 2 kategori “Pemberdayaan Masyarakat Lokal dan juara 3 Lomba Industri Makanan dan Minuman Berbahan Baku Lokal kategori ‘Diversifikasi Produk Makan dan Minuman.

Keberhasilan ini menempatkan Kik dalam deretan Wirausahawan muda sektor UKM yang berhasil mengembangkan usaha melalui dukungan online. “Kemajuan teknologi harus dimanfaatkan denganmaksimal untuk mendorong kemajuan perusahaan,” papar Kiki penuh optimis.
sumber wartaukm.com

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: